Abstract:
Maksud dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan publik bidang
pengelolaan opini dan informasi publik kota Bekasi. Kualitas pelayanan publik ditinjau dari
indikator tangibles, responsiveness, realibility, assurance, dan empathy, juga faktor
pendukung yang mempengaruhi maupun faktor penghambat mempengaruhi kualitas
pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan instrumen
penelitian yang digunakan berupa kuisioner yang dibagikan kepada 40 responden yang
membutuhkan pelayanan, dan didukung dengan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang pengelolaan opini dan dan
informasi publik kota Bekasi terdapat beberapa kelemahan sehingga belum optimal. Indikator
staff, masih terdapat deskriminatif terhadap pengguna layanan dan tidak efiensinya waktu
dalam pelayanan. Faktor yang mempegaruhi kualitas pelayanan publik adalah empati dan
efisiensi waktu. Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang pengelolaan opini dan
informasi publik kota Bekasi agar menambah rasa empati dan efiensi waktu sesuai dengan
strategi operasional prosedur pelayanan.