Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari peran dan tanggung jawab perusahaan kepada
lingkungannya dengan sebutan CSR (Corporate Social Responsibility). Perusahaan yang baik
adalah yang tidak hanya memikirkan keuntungan saja, namun juga memperhatikan
lingkungan dan masyarakat di sekitarnya yang berakhir pada terbentuknya citra positif
perusahaan melalui program pemberdayaan. Penelitian ini menjelaskan tentang strategi
komunikasi pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) PT. XYZ. Dengan tujuan
memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai arti dan makna dari kegiatan CSR
dengan strategi komunikasi pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan maupun
pemberdayaan oleh PT. XYZ. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi
komunikasi Hafied Cangara (2009). Metode yang digunakan kualitatif, pendekatan studi kasus,
dan dengan paradigma interpretivisme. Penelitian ini memilih 3 narasumber yaitu Staff
Corporate Social Responsibility (CSR) PT. XYZ, karyawan internal PT. XYZ, masyarakat di Desa
Cikedokan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi komunikasi yang
tepat akan memberikan hasil yang maksimal terhadap implementasi program CSR PT. XYZ.