Abstract:
Polri merupakan salah satu penegak hukum di Indonesia yang terjun langsung ke tengah masyarakat,
tidak heran jika institusi ini sering berbenturan dengan masyarakat, hingga berujung pada penurunan
tingkat kepercayaan masyarakat itu sendiri terhadap Polri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana strategi Humas Polres Metro Bekasi dalam mempertahankan citra kepolisian di wilayah
hukum Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara semi
berstruktur dan observasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purporsive sampling, yang mana
sampel yang diambil merupakan narasumber yang menguasai masalah yang sedang diteliti. Penelitian
ini menggunakan teori strategi public relations menurut Ronald D Smith, yang menjelaskan terdapat
9 langkah melalui 4 tahapan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keberhasilan Humas
Polres Metro Bekasi dalam mempertahankan citra kepolisian di wilayah hukum Kabupaten Bekasi
melalui upaya-upaya yang dibentuk.