Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati, memahami, mengungkap strategi komunikasi
pemasaran yang dijalankan oleh UMKM Rusbeef Grill House dalam meningkatkan penjualan
produk dan layanan melalui media sosial. Peneliti memakai metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam
terhadap kedua informan yaitu pemilik dan kepala tim marketing and sales dari UMKM
Rusbeef Grill House. Paradigma yang digunakan yaitu paradigma interpretivisme. Hasil
penelitian menunjukan strategi komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial
dianggap efektif sebagai media untuk memasarkan produk dan menjangkau konsumen
potensial. Citra merek dapat dibangun serta dikembangkan dengan kegiatan social media
marketing, dan dikelola melalui kegiatan marketing public relations. Dalam penelitian ini
juga dijelaskan proses perencanaan dan pelaksanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan
oleh UMKM Rusbeef Grill House mengacu pada metode SOSTAC (Situation, Objectives,
Strategy, Tactics, Actions, Control). UMKM Rusbeef Grill House memanfaatkan platform
media sosial Facebook, Tik Tok serta Instagram sebagai saluran komunikasi dan pemasaran
produk. Sedangkan, platform Whatsapp digunakan untuk proses transaksi pemesanan produk
dan layanan. Peningkatan penjualan dan repeat order bisa dicapai dengan memperhatikan
kemudahan, harga yang kompetitif, efisiensi, fleksibilitas disertai dengan pelayanan yang
baik.