Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbandingan strategi marketing melalui
Instagram, event, dan social investment pada Kopi Janji Jiwa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner
yang melibatkan 100 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi
linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (strategi marketing
yang dilakukan pada tiga faktor yaitu Instagram, event, dan social investment) terhadap
variabel dependen (efektivitas penjualan). Teknik sampling yang digunakan adalah probability
sampling dan non-probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan efektivitas antara strategi marketing melalui media sosial instagram, event, dan
social investment pada Kopi Janji Jiwa. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa strategi
pemasaran yang efektif untuk Kopi Janji Jiwa adalah social investment, hal ini dikarenakan
Kopi Janji Jiwa berhasil membuat rangkaian program sosial yang menunjukkan kepedulian
Kopi Janji Jiwa terhadap masyarakat sehingga berdampak baik kepada efektivitas pejualan
Kopi Janji Jiwa.