Abstract:
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli di toko daring Sociolla. Berdasarkan data yang didapatkan dari iprice menunjukkan bahwa urutan dan jumlah pengunjung situs bulanan Sociolla masih bersifat fluktuasi, belum stabilnya pertumbuhan Sociolla menjadi permasalahan yang ingin diangkat oleh peneliti.
Desain/Metodologi/pendekatan - Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis hubungan antar variabel dengan populasinya yaitu konsumen yang sudah pernah berbelanja menggunakan toko daring Sociolla. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 259 responden, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan formulir google. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS 24 dan SPSS 25.
Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) online return policy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. (2) deskripsi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. (3) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-WOM. (4) kualitas situs berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-WOM. (5) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. (6) E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. (7) kualitas situs berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli.
Orisinalitas/Nilai - Terdapat penelitian serupa yang membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli. Namun, penulis berpendapat bahwa ini adalah penelitian pertama yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli pada situs Sociolla di JABODETABEK dengan konstruk online return policy, deskripsi produk, kepercayaan, EWOM, kualitas situs.