Abstract:
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Kesadaran masyarakat dalam menjalankan kewajiban agamapun cukup tinggi. Salah satunya adalah kewajiban wanita muslimah untuk menutup aurat yaitu dengan menggunakan hijab. Hijab kini telah berkembang menjadi trend fashion yang digemari wanita dari berbagai kalangan usia mulai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Saat ini kebutuhan pakaian muslim tidak hanya sebatas pakaian yang digunakan saat acara keagamaan atau hari raya besar saja, akan tetapi digunakan juga diberbagai kesempatan, baik keseharian ataupun untuk momen spesial seperti (lamaran, pernikahan, wisuda, dan lainnya).
Bisnis pakaian muslim memiliki potensi yang cukup besar. Global Islamic Economy memperkirakan di tahun 2020 pertumbuhan pasar fashion muslim akan mencapai US$327 miliar. Pesatnya pertumbuhan pasar pakaian muslim berbanding lurus dengan meningkatnya permintaan pasar, sehingga mendorong Industri fashion muslim domestik untuk terus tumbuh.
Rahmiss merupakan merek fashion muslim yang menawarkan produk busana muslimah semi formal dan formal secara online. Adapun produk yang ditawarkan diantaranya (gamis formal, gamis etnik, dan juga hijab) dengan harga mulai dari (Rp 350.000) untuk gamis formal, gamis etnik mulai dari (Rp 699.000) dan harga hijab mulai dari (Rp 100.000) yang tersedia dalam berbagai model dan varian warna, serta didominasi dengan warna-warna pastel dan gelap. Target utama Rahmiss adalah wanita usia (17- 40)tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan memiliki sensitifitas terhadap kualitas pakaian yang dikenakan serta ingin tampil elegant dan simple dalam balutan busana syar’i bernuansa etnik.
xiv
Kelebihan produk RAHMISS adalah menggunakan kain khas tradisional seperti (kain batik, tenun, dan songket) dengan desain yang modern dan setiap desainnya dibuat sesuai dengan ketentuan syar’i. Penggunaan kain tradisional pada beberapa desain pakaian sebagai bentuk kebanggaan dan rasa cinta akan keindahan kain khas Indonesia dan bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia serta menghargai karya para pengrajin kain tradisional Indonesia. Sehingga dalam operasionalnya kami akan memanfaatkan kain tradisional dari para pengrajin.
Rahmiss tidak hanya berusaha memberikan produk yang berkualitas akan tetapi juga memberikan pelayanan yang berkesan bagi konsumennya. Rahmiss mengemas produk dengan kemasan box yang akan memberi kesan eksklusif. Produk Rahmiss dikemas dari bahan yang bebas plastik. Tidak hanya itu Rahmiss juga menyisipkan kartu ucapan yang bertuliskan nama konsumen dalam setiap pembelian produk, yang isi ucapannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen seperti untuk kelulusan, wisuda ataupun lainnya.
Rahmiss akan melakukan beberapa strategi pemasaran yaitu melalui instagram ads dan mengoptimalkan penggunaan website sebagai media pemasaran dan juga transaksi belanja secara langsung. Sehingga konsumen dapat dengan mudah berbelanja produk yang mereka inginkan melalui website yang disediakan dan dapat memantau langsung proses pesanan mereka melalui website. Selain itu, Rahmiss juga akan bekerjasama dengan reseller agar produk dapat di distribusikan secara merata di berbagai daerah, dan bauran pemasaran semakin luas.
Pengiriman produk akan dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman barang yaitu JNE, TIKI, J&T, Sicepat,dan Wahana. Dengan berbagai pilihan jasa pengiriman diharapkan dapat memudahkan konsumen dalam memilih jasa pengiriman yang mereka inginkan.
xv
Dalam menjalankan perusahaan agar dapat berjalan dengan baik dan mencapai target penjualan, Rahmiss merekrut beberapa orang pekerja untuk menempati posisi diantaranya; bagian operasional, produksi, pemasaran dan juga keuangan. Masing masing- bagian memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing- masing dan harus menjalankannya sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat oleh CEO perusahaan. Setelah perekrutan lanjut pada proses training serta menyampaikan visi dan misi perusahaan, hal ini bertujuan agar visi & misi perusahaan dapat sejalan dengan para pekerja sehingga cita-cita perusahaan dapat terwujud.